Disadur
dari Operation & Maintenance Manual CAT 3508, 3512 & 3516 (SEBU6100-02)
Sebelum
mengoperasikan atau melakukan perawatan terhadap mesin, pastikan bahwa semua
informasi keselamatan, instruksi dan peringatan pada manual telah dibaca dan
dipahami.
Operator mesin bertanggung jawab atas pelaksanaan perawatan, termasuk semua
penyetelan-penyetelan, penggunaan minyak pelumas, cairan pendingin, penggunaan filter yang tepat dan penggantian komponen sesuai interval perawatan.
Kegagalan mematuhi prosedur dan interval perawatan yang berlaku dapat
mengakibatkan penurunan kinerja mesin atau mempercepat keausan komponen.
Interval
perawatan dapat ditentukan dengan beberapa cara antara lain menggunakan
hitungan jarak tempuh, jumlah konsumsi bahan bakar, jam kerja mesin, atau
penentuan tanggal perawatan, dengan prioritas memilih salah satu dari jadwal
tersebut yang sudah sampai pada batas waktunya terlebih dahulu.
Contoh kasus:
Mesin elektrik Cat 3512 Rating 1301 - 1600 Rpm jadwal untuk dilakukan Top Overhaul adalah 9000 jam kerja atau jumlah konsumsi bahan bakar mencapai 1,460,000 liter (untuk ketentuan lihat pada Tabel Interval Jadwal Perawatan Mesin Caterpillar Seri 3500 dibawah).
Saat dilakukan performance test dan tarik data dengan mengakses Electronic Control Module (ECM) mesin menggunakan ET Diagnostic Tool didapati jam kerja mesin 10,000 jam dengan jumlah konsumsi bahan bakar 850,000 liter.
Dari data tersebut diatas pada jam kerja telah melewati 1000 jam untuk pelaksanaan Top Overhaul, namun untuk konsumsi bahan bakar belum mencapai 1,460,000 liter dikarenakan selama beroperasi tidak pernah menggunakan 100% load.
Melihat contoh kasus diatas, customer dapat memilih untuk melaksanakan Top Overhaul mengacu kepada jam kerja atau jumlah komsumsi bahan bakar yang telah ditentukan pabrikan.
Sesuai dengan pengalaman penulis, lebih baik memilih salah satu dari jadwal tersebut yang sudah sampai pada batas waktunya terlebih dahulu untuk perawatan preventif yang lebih maksimal.
Mesin dengan kondisi operasi lebih berat memerlukan perawatan yang lebih sering.
Contoh kasus:
Mesin elektrik Cat 3512 Rating 1301 - 1600 Rpm jadwal untuk dilakukan Top Overhaul adalah 9000 jam kerja atau jumlah konsumsi bahan bakar mencapai 1,460,000 liter (untuk ketentuan lihat pada Tabel Interval Jadwal Perawatan Mesin Caterpillar Seri 3500 dibawah).
Saat dilakukan performance test dan tarik data dengan mengakses Electronic Control Module (ECM) mesin menggunakan ET Diagnostic Tool didapati jam kerja mesin 10,000 jam dengan jumlah konsumsi bahan bakar 850,000 liter.
Dari data tersebut diatas pada jam kerja telah melewati 1000 jam untuk pelaksanaan Top Overhaul, namun untuk konsumsi bahan bakar belum mencapai 1,460,000 liter dikarenakan selama beroperasi tidak pernah menggunakan 100% load.
Melihat contoh kasus diatas, customer dapat memilih untuk melaksanakan Top Overhaul mengacu kepada jam kerja atau jumlah komsumsi bahan bakar yang telah ditentukan pabrikan.
Sesuai dengan pengalaman penulis, lebih baik memilih salah satu dari jadwal tersebut yang sudah sampai pada batas waktunya terlebih dahulu untuk perawatan preventif yang lebih maksimal.
Mesin dengan kondisi operasi lebih berat memerlukan perawatan yang lebih sering.
Catatan: Sebelum
interval perawatan berkala dilaksanakan sesuai jadwalnya, semua kegiatan
perawatan dari interval sebelumnya wajib sudah terpenuhi terlebih dahulu.
JADWAL
PERAWATAN MESIN KAPAL CATERPILLAR SERI 3500
HARIAN
Inspeksi keliling –
Pemeriksaan untuk mengetahui bila terjadi kebocoran atau koneksi yang longgar. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan sebelum menyalakan mesin.
Karter minyak
pelumas –
Pemeriksaan level minyak pelumas
Gearbox
mesin -
Pemeriksaan level minyak pelumas
Sistem
pendinginan -
Pemeriksaan level air pendingin
Motor
starter pneumatik –
Pemeriksaan level minyak pelumas
Governor – Pemeriksaan kondisi
Tabung pneumatik – Pengurasan apabila terdapat kandungan air
Indicator
saringan udara –
Pemeriksaan tekanan
Filter minyak pelumas differential –
Pemeriksaan tekanan
Filter bahan bakar differential –
Pemeriksaan tekanan
SETIAP 50 JAM KERJA
Zinc rod – Pemeriksaan/penggantian
Filter & minyak pelumas gearbox – Penggantian filter minyak pelumas dan minyak pelumas pada waktu 50 jam kerja berlaku
untuk mesin yang baru. Setelah itu, untuk selanjutnya mengikuti normal interval
jadwal perawatan
SETIAP 250 JAM KERJA
Analisa S.O.S –
Pengambilan sampel minyak pelumas mesin yang telah digunakan untuk diuji
laboratorium
Filter & minyak pelumas –
Penggantian filter dan minyak pelumas
Accu – Pembersihan dan pemeriksaan
level air accu
Sirip radiator, belt dan hose –
Pemeriksaan kondisinya
Tangki bahan bakar –
Pengurasan endapan dan kandungan air
Celah katup mesin dan timing injector – Penyetelan
celah katup mesin dan waktu penyemprotan injector dilakukan hanya pada saat 250
jam penggantian minyak pelumas pertama kalinya
Sistem pendinginan – Pengujian
konsentrasi zat additive pada cairan pendingin (hanya untuk mesin yang
menggunakan antifreeze standar)
Fan Drive – Memberikan pelumasan
pada bearing nya
SETIAP 1000 JAM KERJA
Safety device mesin –
Pemeriksaan kondisi dan fungsi alat kontrol shutoff pada mesin
Breather pada karter minyak pelumas –
Pembersihan
Governor woodward UG8L (jika tersedia) –
Penggantian minyak pelumas
Governor actuator pneumatic (jika tersedia) - Memberikan
pelumasan
Filter bahan bakar –
Pembersihan filter utama/penggantian bila rusak
Gearbox – Penggantian minyak pelumas
Output shaft seal gearbox – Memberikan pelumasan
SETIAP 2000 JAM KERJA
Celah katup mesin dan timing injector
– Pemeriksaan/penyetelan
Turbocharger – Pemeriksaan kondisinya
Peredam getaran pada poros engkol – Pemeriksaan kondisinya
Kedudukan mesin – Pemeriksaan kondisinya
SETIAP 3000 JAM KERJA/DUA TAHUN
Sistem pendinginan – Pembersihan/pembilasan
cairan pendingin (hanya untuk mesin yang menggunakan antifreeze standar)
Sistem pendinginan – Penambahan extender (hanya untuk mesin yang menggunakan Long Life Coolant)
SETIAP 4000 JAM KERJA
Kompressor udara (jika tersedia) – Pemeriksaan/penggantian
jika diperlukan
Starter elektrik (jika tersedia) - Pemeriksaan/penggantian jika diperlukan
Marine Engine Performance Analysis Report (PAR) – Mencatat dan membuat laporan analisa kinerja mesin
SETIAP 6000 JAM KERJA
Thermostat –
Penggantian
Sistem pendinginan – Pembersihan/pembilasan cairan pendingin (hanya untuk mesin yang menggunakan Long Life Coolant)
Alternator - Pemeriksaan/penggantian jika diperlukan
Pompa pendinginan - Pemeriksaan/penggantian jika diperlukan
Motor starter pneumatik – Pemeriksaan/penggantian jika diperlukan
Turbocharger – Pemeriksaan/penggantian jika diperlukan
TOP END DAN OVERHAUL
Untuk meminimalisir
downtime, Caterpillar merekomendasikan customer nya untuk menjadwalkan kegiatan Top End dan
Overhaul oleh dealer Caterpillar resmi.
TABEL INTERVAL JADWAL PERAWATAN MESIN CATERPILLAR SERI 3500
PEMERIKSAAN SISTEM PELUMASAN
1. KARTER PELUMAS
Pemeriksaan level minyak pelumas pada karter mesin harus dilakukan setiap harinya. Untuk mendapatkan pembacaan level minyak pelumas yang tepat, lakukan pemeriksaan dengan dua cara, yaitu:
a. Saat mesin mati
b. Saat mesin menyala dengan posisi low idle
Hasil pembacaan level ADD dan FULL pada stick oli akan berbeda saat mesin mati atau menyala dengan posisi low idle. Catat kedua hasilnya.
jazakallahu khairan ya akhi .ilmunya
ReplyDeletejazakallahu khair
DeleteSy punya fuel injector cat 0r3051 baru blm pernah terpakai, mungkin anda tertarik membeli atau mungkin mengerti dimana tempat menjualnya.ingin saya jual 9juta sj, makasih!!
ReplyDeleteCoba di tokopedia / Bukalapak / dan sejeninya aja Mas
DeleteMas kalau test aktuator fuel pakai alat apa ya
ReplyDeleteJazakalloh
ReplyDelete